Cara Memelihara Ayam Kate Hingga Sehat dan Lincah

on 11 Jul 2012

Ayam Kate merupakan salah satu hewan peliharaan saya di belakang rumah. Awalnya memelihara Ayam Kate ini hanya sekedar coba-coba namun seiring berjalannya waktu, hewan yang memiliki khas yang berbeda pada Ayam pada umumnya ini berkembang biak menjadi banyak dan lebih banyak lagi. Bahkan dari beberapa peranakannya ini memiliki bentuk yang tidak umum seperti memiliki jambul diatas kepalanya atau ada lagi yang berkaki putih.
Semakin banyak Ayam Kate yang kamu punya juga harus semakin intens dalam memeliharanya. Ayam Kate yang saya miliki ini jinak dan patuh pada pemiliknya misal saja ketika waktu sore dulu sebelum saya ajari untuk bertengger diatas bambu, Ayam ini berkeliaran dimana-mana dan bisa dikatakan bingung sendiri karena selalu berkokok dengan keras pada malam hari. Langsung saja pada bagaiman cara memelihara Ayam Kate sebagai berikut:

1. Beri Makan Secara Teratur

Waktu yang tepat untuk memberi makan Ayam Kate adalah pagi dan sore hari. Taruh makanan Ayam menjadi satu tempat tetapi menyebar untuk menghindari Ayam Kate kamu bertabrakan atau rebutan. Hal ini tidak baik untuk perkembangan psikis Ayam Kate. Mengapa saya bilang perkembangan psikis Ayam Kate? Ya, saya misalkan dengan contoh seperti ini, pernah suatu kali Ayam Kate saya keluar dari batas rumah. Lalu saya dengan Bapak mencoba menangkapnya, tetapi saya terlalu keras untuk menggiringnya dan Bapak bilang kalau saya dilarang untuk bertindak keras dalam menggiring Ayam Kate karena dapat menyebabkan Ayam Kate itu bertindak lebih cepat dan lebih keras. Dari situ saya dapat belajar dan menyimpulkan bahwa Ayam Kate juga mengalami perubahan sikap dan sifat tergantung pemiliknya. Kembali ke topik awal, jika Ayam Kate kamu sering bertengkar maka kamu harus menaruh makanan pada tempat yang berbeda dengan tujuan agar Ayam Kate kamu tidak bertengkar waktu makan.

2. Jangan Masukkan Dalam Kandang

Kalau kamu punya pekarangan yang luas dan sekiranya aman untuk memelihara Ayam Kate, taruhlah Ayam Kate kamu diluar kandang. Biarkan mereka kesana-kemari, cucuk sana cucuk sini, terbang kesana-kemari, itu lebih sehat dan lebih membuat Ayam Kate betah di pekarangan kita. Tapi untuk Ayam Kate yang baru menetas sangat disarankan untuk ditaruh dalam kandang bersama induknya agar aman dari segala gangguan dan ancaman dari hewan lain karena masih kecil.

3. Latihlah Dengan Beberapa Keterampilan

Seperti yang saya sebutkan diatas, Ayam Kate milik saya ini jinak sehingga bisa diajari beberapa hal misalnya ketika kamu ingin Ayam Kate milik kamu tidak berkeliaran waktu malam hari dapat kamu carikan tempat tersendiri dan coba kamu arahkan ke tempat tersebut ketika menjelang sore tiap hari sebanyak 5 kali atau 7 kali, setelah itu pada hari berikutnya Ayam Kate kamu akan terbiasa untuk ke tempat tersebut tanpa kamu arahkan. Kalau Ayam Kate milik saya juga bisa, pastinya Ayam Kate milik kamu juga bisa donk. Lalu contoh yang lain misalnya, Ayam Kate saya bisa terbang dari suatu tempat ke tempat lain hingga 5 meter jauhnya. Ini merupakan jarak yang cukup jauh bagi Ayam Kate, hal ini bisa kamu ajarkan sehari-hari atau kamu ingin Ayam Kate kamu berkokok dengan keras juga bisa tergantung tingkat keseriusan dan ketelatenan pemilik Ayam Kate.

Inilah beberapa cara bagaimana memelihara Ayam Kate dengan benar dan terbukti kalau salah satu hewan peliharaan saya ini tumbuh sehat dan besar. Dan apa yang saya rasakan ketika pertama kali memiliki Ayam Kate ini dengan saat ini saya menulis artikel ini sangatlah berbeda, lebih menyenangkan ketika melihat Ayam Kate bertumbuh dan berkembang dengan sehat seperti sekarang ini. Ayam Kate ini juga dapat kamu miliki sebagai hewan lucu-lucuan karena hewan ini kecil dan bergoyang-goyang ketika berjalan. Lucu! Kalau kamu ingin mempunyai koleksi peliharaan Ayam Kate atau untuk hadiah pada keponakanmu yang menyukai hewan bisa hubungi saya lewat email (khusus wilayah Malang-Jawa Timur).
Ranking: 5

{ 24 comments... read them below or add one }

Fairuz Hilwa Shahab mengatakan...

wah artikel yang menarik
saya jadi termotivasi untuk merawat hewan sebaik mungkin
makasih gan :)


11 Juli 2012 19.42
Adnan Teknik mengatakan...

mirip ayam punya saya tuh gan......heheheh


11 Juli 2012 22.37
Kini Aku Tau mengatakan...

wow saya dulu pernah memelihara ayam kampung ya perawatannya dibebasin gitu aja. ayam kate memang agaak spesial ya. heheh

btw ayam kate jangan dimmasukin kandang ya? walaupn malam? waahh baru tau saya. takutnya kalo ayamnya bagus di curi pulak. hahaha :D


12 Juli 2012 07.07
yobbis mengatakan...

@fairuz: bener gan, sayangi hewan dengan baik. :)
@adnan: :)
@kini aku tau: lepasin aja gan, asal pekaranganmu jauh dari tangan-tangan jahil :)


12 Juli 2012 08.44
Limit Komputer mengatakan...

Waduh artikelnya unik


12 Juli 2012 12.01
aldi mengatakan...

oooo...
iya gan.
aq pnya ayam kate jga gan.
tpi gmn ya gan...!!
biar suara nya bgs gan...
d ksi apa ya gan??


9 Agustus 2012 03.21
Nurul Akhyar mengatakan...

@aldi: dikasih makan yang teratur + diberi tempat nongkrong ayam kate setinggi 2meter, setelah itu kamu tinggal biasanya dua akan bersuara sendiri. kalo udah bersuara secara berkelanjutan/kontinyu. insyallah suaranya nanti akan bagus :)


9 Agustus 2012 05.57
Bagus-Seno mengatakan...

Mantaf sob~ kunjungi balik yeah?


9 Agustus 2012 13.26
nurbi gieelang mengatakan...

menarik utk di ikuti.. thanks ya


29 September 2012 23.59
ari trianto mengatakan...

Bagus tu gan bisa nempil nggak gan.


15 Oktober 2012 11.34
Mymostars fc mengatakan...

ayam kate tuh memang lucu


16 Oktober 2012 13.44
Anonim mengatakan...

malang mana boss.kita juga pengen pelihara ayam kate


9 November 2012 20.33
asyirul muttaqin mengatakan...

bagaimana cara memelihara ayam kate yang masih berumur 0 sampai saatu bulan....


20 November 2012 11.39
Nurul Akhyar mengatakan...

@asyirul muttaqin: ditaruh di tempat tersendiri namun masih dalam satu tempat dengan induk yang mengeraminya, dikasih makan yang teratur, dan jangan sampai terkena hujan *karena akhir-akhir ini sering hujan* :)


28 November 2012 22.44
Dadan mengatakan...

sy punya ayam kate, dah bertelur yang pertama kali, tp keliatannya g mw di eramin, malah sarangnya sering diacak-acak, trus ngatasinya gmn gan ?


18 Desember 2012 17.14
Nurul Akhyar mengatakan...

dikasih tempat pengeraman yang baik gan, dalam arti dapat diperkirakan ayamnya nyaman berada ditempat tersebut. dan jangan lupa dikasih makanan yang cukup. kalau masih diacak-acak coba dipindah ke tempat yang lebih baik. :)


22 Desember 2012 08.30
pecinta ayam kate mengatakan...

pecinta ayam kate juga ya om .. sama donk.. aku juga udah punya beberapa ekor di rumah... oya ayam akate yang jarang kena sinar matahari akan berwarna pucat bulunya.. kalo mau bulu ayam kate terang dan tidak pucat, coba rutin berikan jagung dan dijemur.. oke makasih ya artikelnya tabookmark jadi referensi


1 Januari 2013 19.58
Nurul Akhyar mengatakan...

@pecinta ayam kate: benar om, ayam kate harus terkena sinar matahari tiap hari dan juga perlu diberi makanan jagung sebagai makanan nutrisinya :)


14 Januari 2013 17.32
properti99 mengatakan...

Ayam kate memang menarik karena disamping badannya mungil juga warna-warnanya yang begitu indah.Ada yang berwarna kuning,merah,putih,dsb.Wajar bila ayam ini mempunyai banyak penggemar. Salam kenal dari www.properti99.com Situs Jual Beli Sewa Properti


27 Januari 2013 09.18
rizal mengatakan...

alamatnya, Malang mana gan????


17 Februari 2013 09.01
Anonim mengatakan...

fiyuuuuh nk dikeluarin gag dikandangin takutna ntar di tarung m ayam kampung, gmna dunk?


8 Mei 2013 17.11
Nurul Akhyar mengatakan...

@rizal: Singosari gan.
@Anonim: harus ada pemisah biar enggak tarung sama ayam kampung.


19 September 2013 01.04
Unknown mengatakan...

tanya mas:
1 kalau dibiarkan alamiah berapa lama si induk menyapih anak2nya ?
2 makanannya selain pur 511 ada lainnya ?
3 si induk dan jantannya koq ngga suka jagung, lebih suka beras merah, mahal mas ...heheh.

terima kasih


8 Desember 2013 22.21
Nurul Akhyar mengatakan...

@Unknown: 1. kurang lebih 60 hari
2. pakai jagung sama beras merah aja
3. dicampur aja, 50% jagung, 50% beras merah kalau ngasih makan


14 Desember 2013 14.54

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...