Inilah Profil Ketua MK yang Kontroversial

on 8 Jun 2012

        Setelah beberapa hari yang lalu memutuskan perkara mengenai wamen,, mungkin beberapa dari pembaca belum mengenal lebih jauh seperti apa dan trackrecordnya hakim yang memutuskan tentang perkara yang menurut sebagian besar masyarakat masih dalam pro kontra serta terdapat kerancuan di beberapa persoalan pokok putusannya. Sekedar diketahui bahwa hakim MK sejumlah 9 orang termasuk ketua hakimnya yang bernama Mahfud MD, mungkin dari sebagian pembaca telah sering mendengar nama ini di beberapa media nasional namun tidak tahu seperti apa dan siapa sebenarnya sosok ketua hakim MK ini yang juga muncul sebagai calon presiden alternatif menurut beberapa lembaga survei di Indonesia. Langsung saja kita lihat siapa sebenarnya seseorang yang bernama Mahfud MD ini:
        Mahfud merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara. Latar kehidupan keluarganya yang berada di lingkungan taat beragama membuat pemberian nama arab tersebut penting. Khusus bagi Mahfud, arti dari nama “Mahfud” sendiri adalah “orang yang terjaga”. Dengan nama itu diharapkan Mahfud senantiasa terjaga dari hal-hal yang buruk. Adapun inisial MD di belakang nama Mahfud adalah singkatan dari nama ayahnya, Mahmodin, dan bukan merupakan gelar akademik seperti sebagian orang menganggapnya. Orang yang lahir pada 13 Mei 1957 ini menamatkan sarjananya di UII dan UGM dengan dua jurusan yang berbeda yakni hukum tata Negara dan sastra Arab. Pendidikan S2 telah beliau tempuh di UGM dengan konsentrasi di Ilmu Politik serta S3nya juga beliau tempuh di UGM konsentrasi Ilmu Hukum Tata Negara.
         Seseorang yang lahir di Sampang Madura ini dikenal sebagai staf pengajar yang mumpuni. Hal ini telah banyak diakui oleh banyak praktisi hukum tata Negara atau para mahasiswanya. Dalam generasinya, beliau merupakan pemecah rekor Guru Besar tercepat yang dicapainya dalam usia 41 tahun. Sebuah prestasi yang sulit dicapai pada masa itu bahkan hingga kini. Sebuah tindakan yang sangat jarang ditemui hingga kini adalah penggunaan namanya Mahfud MD. Jika saat ini semua orang berlomba-lomba menggunakan titelnya untuk memenuhi sebuah nama tapi tidak untuk orang yang satu ini. Ia lebih sering menggunakan nama tanpa titelnya Moh. Mahfud MD daripada menggunakan nama titelnya yang sudah sangat jelas sangat penjang jika ditilik pencapaian prestasinya. Prestasi dan karirnya udah begitu panjang dan rumit ya? Apalagi putusan-putusannya. :)
Ranking: 5

{ 2 comments... read them below or add one }

vicky mengatakan...

gak perlu banyak title, soalnya titel yang sesungguhnya sudah melekat pada namanya


9 Juni 2012 13.47
yobbis mengatakan...

@vicky:benar mas vicky, soalnya sudah menjadi orang hebat dia :)


9 Juni 2012 13.51

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...